Thursday, February 3, 2011

Teknologi Saferider, Sistem Peringatan Kecepatan Untuk Sepeda Motor

Inggris - Sering kali kita melaju terlalu kencang di atas sepeda motor. Efek negatifnya, bisa membuat sang pengendara kehilangan kontrol karena tidak bisa mengendalikan saat hendak masuk tikungan dengan kecepatan terlalu tinggi.

Tapi jangan khawatir, pasalnya Motor Industry Research Association (MIRA) di Inggris sedang melakukan pengetesan sebuah sistem peringatan kecepatan di pada sepeda motor.

Proyek yang diberi nama "Saferider" ini sedang diuji pada dua sepeda motor yaitu Yamaha Tenere and Triumph Sprint. Dengan perangkat ini, pengendara akan diberi peringatan bila kecepatan sudah melampaui batas.

Saferider ini juga terkoneksi dengan GPS dan peta digital. Tujuannya agar perangkat ini bisa mengetahui rute perjalanan. Dari rute perjalanan ini lah, saferider akan memberikan rekomendasi kecepatan yang ideal untuk masuk tikungan. Hebat kan!

Selain itu, seperti di rilis MCN, MIRA juga melakukan pengetesan perangkat peringatan blind spot yang diletakan pada helm dan jok. Ada sensor yang secara aktif membaca kondisi disekitar sepeda motor, lalu memberikan peringatan lewat getaran di helm dan jok.

"Kami meletakkan perangkat getar di busa pipi helm. Saat Anda tidak bisa melihat kondisi sekitar saat berkendara, benda itu akan bergetar dan memberikan peringatan bahwa ada sesuatu di kanan atau kiri," jelas Jonathan Moore dari MIRA.

Wah kalau di Indonesia yang macet dan traffic-nya padat bisa getar terus tuh! (motorplus.otomotifnet.com

No comments:

Post a Comment